Menyikapi Penipuan Berkedok Investasi

April 30, 2007

Kompas, 30 April 2007

Oleh: Lin Che Wei, Direktur Utama Danareksa Neda dan Yoga

Tidak peduli apakah regulator dan pemerintah hendak mengakui atau tidak, Indonesia bagaikan surga bagi perusahaan yang melakukan penipuan berkedok investasi. Pertimbangkan hal ini!

Wakil kita yang mengurusi masalah perbankan dan keuangan di DPR—yang dapat dengan mudah mencari dan menyelidiki informasi tentang lembaga keuangan—malah menjadi korban penipuan berkedok investasi.

Pemimpin media terkemuka—yang bisa dianggap sangat pandai dan kritis terhadap isu-isu terkini—malah menjadi korban penipuan berkedok investasi.

Mantan direktur badan usaha milik negara, yang seharusnya mengerti risiko dan seharusnya dapat membedakan mana perusahaan yang bonafide dan mana yang tidak, juga menjadi korban penipuan berkedok investasi.

Apabila orang-orang pandai yang mempunyai akses terhadap informasi menjadi korban penipuan lantas bagaimana rakyat kecil yang tidak terpelajar?

Penipuan berkedok investasi memancing orang yang serakah dan desperate dengan janji akan imbal hasil (return) yang tinggi. Bukankah berdasarkan prinsip let the buyer beware, investor seharusnya berhati-hati dengan membaca fine print secara saksama sebelum melakukan investasi?

Di dunia yang ideal, memang hal ini yang seharusnya terjadi. Namun, negara dengan masyarakatnya yang belum benar-benar mengerti seluk-beluk investasi bukanlah dunia yang ideal.

Orang-orang yang menjadi korban tidak mempunyai cukup data dan informasi untuk membedakan mana investasi yang kredibel dan yang tidak.

Akibatnya, bisnis penipuan berkedok investasi dengan mudah memancing orang yang nekat (desperate) akan janji imbal hasil (return) yang tinggi.

Apa yang menjadi taktik dari perusahaan berkedok investasi ini? Mereka tahu bahwa sikap manusia adalah serakah dan tidak pernah merasa cukup.

Skema modern

Perusahaan-perusahaan investasi bodong tersebut tahu bahwa jika para investor awal mendapatkan return sesuai dengan yang dijanjikan, mereka akan cenderung menginvestasikan kembali hasil dari uang tersebut dan bahkan akan membawa keluarga, teman, atau relasinya untuk turut berinvestasi di perusahaan tersebut. Akibatnya, jumlah kerugian juga cenderung membengkak.

Skema dasar dari berbagai penipuan berkedok investasi adalah skema Ponzi, yaitu penipuan yang menjanjikan return luar biasa besar yang sebenarnya didapatkan dari uang investor lain yang menginvestasikan uangnya belakangan dan bukan dari hasil pengelolaan uang para investor tersebut.

Investor awal akan mendapatkan keuntungan karena langsung mendapatkan pengembalian sehingga terdorong untuk menginvestasikan lebih banyak lagi, sedangkan investor yang masuk belakangan akan lebih rentan terhadap ketiadaan return tinggi tersebut.

Nama Ponzi sendiri diambil dari nama Charles Ponzi, imigran asal Italia yang menggunakan teknik ini untuk melakukan penipuan besar-besaran di Amerika Serikat pada tahun 1919-1920 dan 1926-1934.

Model lain yang memiliki kesamaan dengan skema Ponzi adalah skema piramida. Dalam skema ini, perekrutan terhadap investor baru merupakan sumber dari pengembalian investasi Anda.

Investor yang merekrut investor baru akan mendapat keuntungan langsung dari upayanya tersebut.

Selain kedua skema di atas, masih ada beberapa skema modern yang bisa disebut sebagai skema turunan dari skema di atas. Misalnya, arisan berantai atau money game.

Arisan berantai adalah skema piramida yang disebarkan dalam bentuk surat kaleng dan besaran investasi yang kecil.

Kedua, high yield investment programme, yaitu investasi dengan modal awal kecil yang menjanjikan tingkat pengembalian fantastis serta komisi atas usaha Anda mengajak orang lain untuk bergabung. Skema ini banyak dikenal dengan “bank gelap” di Indonesia.

Ketiga, penipuan berkedok penggarapan lahan agrobisnis, seperti QSAR dan Ibist. Keempat, penipuan yang berkedok perdagangan valuta asing.

Kelima, berkedok lowongan pekerjaan yang mengharuskan Anda membayar untuk pelatihan atau justru meminta Anda memasukkan uang terlebih dahulu sebagai prasyarat.

Bagaimana caranya menghindari jenis-jenis penipuan seperti di atas? Anda dapat mengidentifikasinya apabila menemukan beberapa ciri yang disebutkan di bawah ini:

Pertama, hati-hati apabila the offer sounds too good to be true. Jika penawaran investasi tersebut memberikan “janji-janji surga” akan imbal hasil tinggi di atas rata-rata pasar dalam jangka waktu yang relatif singkat, kemungkinan besar penawaran tersebut memang hanyalah “janji-janji surga”.

Kedua, taktik penjualan yang memaksa (high pressure sales tactics.) Jangan langsung termakan bujuk rayu penjual yang memaksa Anda untuk membuat keputusan saat itu juga, sekalipun penjual itu adalah orang yang Anda kenal baik sejak lama.

Ketiga, baik perusahaan investasi maupun basis investasinya (underlying investment) tidak jelas. Perusahaan investasi tipuan biasanya akan menunjukkan kepada Anda profil perusahaan yang tampak profesional dengan harapan dapat meyakinkan Anda akan kredibilitas mereka.

Namun, apabila Anda baca dengan saksama, terdapat banyak kejanggalan. Kejanggalan itu antara lain ketidakjelasan manajemen pengurus, kinerja investasi, maupun laporan keuangan yang lengkap dan sudah diaudit.

Keempat, ketiadaan izin penawaran investasi dari lembaga pengawas. Bank Indonesia bertindak sebagai regulator perbankan, sedangkan Bapepam-LK bertindak sebagai regulator lembaga keuangan bukan bank.

Dua lembaga tersebut memiliki kewenangan untuk mengawasi investasi yang ditawarkan melalui lembaga keuangan nonbank maupun perbankan.

Sayangnya, dua lembaga di atas tidak memiliki kewenangan atas produk investasi yang ditawarkan oleh lembaga nonkeuangan sehingga muncullah no man’s land yang rentan digunakan untuk penipuan berkedok investasi.

Anda sepatutnya berhati-hati bila menerima penawaran investasi tanpa izin dari salah satu lembaga pengawas di atas.

Anda korban?

Apabila telah menjadi korban penipuan berkedok investasi, apa yang harus Anda lakukan?

Pertama, Anda harus melaporkan kepada pihak yang berwajib. Berikan keterangan selengkap mungkin, seperti siapa yang menghubungi Anda dan bagaimana orang tersebut menghubungi Anda.

Semakin lengkap informasi yang Anda berikan, semakin mudah terbaca pola dan jejaringnya. Setelah itu, Anda harus menghubungi divisi legal dari Bapepam-LK serta pengacara yang khusus menangani kasus sejenis.

Selanjutnya, ajukan tuntutan hukum terhadap para pelaku penipuan. Keputusan Anda untuk menempuh jalur hukum mungkin tidak akan mengembalikan jumlah uang Anda yang telah raib.

Akan tetapi, tindakan Anda ini akan meningkatkan kesadaran di kalangan publik. Pihak berwajib akan terdorong untuk mengambil tindakan dan masyarakat lain akan lebih berhati-hati dengan tawaran-tawaran investasi sejenis.

Mungkin sekarang Anda bertanya-tanya, “Jadi, apa saja yang telah dilakukan oleh regulator, pemerintah, dan DPR kita selama ini?” Sebagian besar dari mereka terlena dan merasa ini bukanlah tanggung jawab mereka.

Yang lebih tragis, ada anggota Dewan yang seharusnya mengawasi sektor keuangan justru ikut menjadi korban penipuan.

Apa pun alasannya, penipuan berkedok investasi haruslah diberantas di Indonesia. Bapepam-LK, Departemen Perdagangan, Bank Indonesia, dan DPR bertanggung jawab untuk melindungi orang yang miskin, tidak berdaya, dan tidak mempunyai informasi.

Kita semua harus berusaha bersama-sama untuk menghentikan praktik penipuan ini yang secara terus-menerus mengerosi kepercayaan masyarakat terhadap dunia investasi secara keseluruhan.

Regulator dan seluruh lapisan masyarakat perlu berdiri dan mengatakan, “Cukup sudah praktik penipuan berkedok investasi seperti ini.”

Perusahaan-perusahaan seperti ini bukan saja harus dilarang secara hukum, tetapi juga harus dilakukan penindakan dan diproses secara hukum.

Salah satu kalimat yang paling sering dikutip di Wall Street adalah kalimat yang diucapkan Gordon Gekko dalam film Wall Street, “Serakah itu baik.”

Namun, janganlah karena kalimat ini akal sehat Anda menjadi silau oleh ketamakan akan iming-iming hasil yang tinggi serta ketakutan akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan hasil tinggi dari investasi itu.

Ingatlah pula kalimat yang diucapkan Henry David Thoreau bahwa kebaikan adalah satu-satunya investasi yang tidak pernah gagal. (*)

Advertisements

46 Responses to “Menyikapi Penipuan Berkedok Investasi”


  1. Pak bagaimana melaporkan gejala2 penipuan keuangan dengan SMS?

    http://pendulang-dolar-online.blogspot.com

  2. deddy Says:

    Dari iklan lowongan nya di kompas aja udah kelihatan meragukan, sepertinya identitas PT Valbury disembunyikan, so pasti nya ada unsur penipuan.
    Tapi karena gue lagi cari kerja dan penasaran juga, gue ikut ngelamar juga di perusahaan ini.
    Gue lolos proses interview awal yang pertanyaan nya gak jelas arah nya, terus lanjut ke psikotest yang beda dari psikotest yang biasa gue ikutin yang gak jelas juga arahnya.
    terus lanjut ke ikut training. Dari lowongan nya gue ngelamar untuk posisi Supervisor, tapi kok di training jadi traider ?? Hari terakhir training secara halus gue dibujuk untuk invest uang minimal Rp.60 juta.
    Sebenernya perusahaan ini mencari investor untuk bekerja sebagai traider valas. Karena cari investor Rp.60 juta susah, makanya pake tipu muslihat sedikit pasang iklan lowongan berkedok supervisor/manager. Pelamar yang di panggil adalah pelamar yang udah punya pengalaman kerja bertahun-tahun dengan posisi yang bagus dgn asumsi punya tabungan banyak dan bisa jadi investor. Atau orang yang punya usaha sendiri dgn asumsi punya duit banyak buat jadi investor. Makanya gw menghimbau orang2 yg sedang mencari kerja lebih extra hati2 aja jangan kayak gw yg udeh terlanjur jadi korban

    • Byan Says:

      Sama bro, saya jg pernah ngalamin hal yg sama seperti hal di atas. Cari2 kerja malah di ajak investasi di Valbury. Akhirnya? Yang saya rasakan adalah saya telah membuang waktu saya dan usaha saya. Gak cuman saya yang jadi korban juga teman2 saya yang lain jg di valbury…Hati2 aja bro

  3. deddy Says:

    gak ada ruginya kalian baca ya mungkin aja berguna buat kalian semua jangan sampe jadi korban seperti kami. Jadi kira2 pada bulan September 2008 yg lalu paman gw dihubungi oleh salah seorang sales dari PT Valbury salah satu perusahaan sekuritas di Jakarta. Salesnya menawarkan produk investasi saham di BEJ kpd paman gw, kata salesnya sih (pinter ngibul) invest di saham untungnya gede bisa sampai Milyaran Rupiah keuntungannya. Karena paman gw udeh terlanjur percaya sama bullshit tuh sales, maka paman gw menginvestasikan dana Sebesar Rp 2 Milyar ke PT Valbury. Ini PT hebat ada websitenya jadi orang2 pada percaya gitu (padahal website mah gak jaminan).

    Singkatnya setelah 1 bulan tepatnya tgl 8 October 2008 BEJ ditutup dan dana paman gw yang Rp 2 M itu ludes jadi tinggal Rp 15 juta doank. Kontan paman gw pingsan dan terserang stroke, kata salesnya IHSG Hancur. Akhirnya tuh sales jadi susah banget dihubungi, disini gw menghimbau aja bagi orang2 yg udh siap bangkrut boleh deh invest di PT Valbury .

    • miwcom Says:

      Kalo belom paham trading forex indek spa dan multilateral jangan ngjudge, lu baca tu hedgefunds usa juga alami untung besar dan rugi besar.

      Gak ada penipuan, kenyataannya trading futures exchange sekuritas capital management private equity ETF dll jasa keuangan trading , ada untung besar dan rugi besar.

  4. deddy Says:

    Bebetapa waktu yang lalu saya mempercayakan sejumlah uang saya untuk di investasikan dalam bentuk VALAS di Valbury Dengan iming – iming keuntungan dalam waktu yang cepat.
    Yang saya dapatkan ternyata tidak sesuai dugaan, ternyata itu semua hanya akal – akalan saja. Dan setelah saya selidiki ternyata semua orang yang bekerja disana adalah lulusan SMU atau sederajat dan mereka semua tidak memiliki ijin yang resmi dari instansi terkait.
    Jadi saya menyarankan agar anda yang berinvestasi di tempat tersebut untuk segera menarik dana anda sebelum terlambat. Cukup saya yang jadi korban jangan sampai ada korban lebih lanjut lagi.
    Hermawan Kartajaya
    Jl. Rungkut Asri Utara XII / 23
    Surabaya

    • miwcom Says:

      Untung besar cepet ada itu bener namun harus modal besar yg mampu tahan laju pergerakan harga jual atau beli dalam jumlah besar dalam waktu harian mingguan bulanan bahkan tahunan sesuai kondisi pergerakkan harga naik buy profit dan sell turun profit. Kalo lawan arah buy emas ternyat emas harian turun namun minggu depan dan selanjutnya naik di tahan emas. Selama harian emas turun itu uang nya tergerus sampai nunggu grafiknya naik lagi sesuai dg klik buy dg lot kita tadi. Tergantung analisnya paham atau gak.

  5. deddy Says:

    Sering dpt pggilan dr Valbury & Graha Finesa, gw always bilg kl dah tgawe, meski bnrnya still hunting. Krn dah ktauan belangnya.
    Trus tempo hari dpt pggilan di APPCO, tnya k Om Google.. ktmu topic ini, akirnya gw g jd pergi..
    Kmrn gw dpt pggilan u/ dtg ke Granton Advertising.. perasaan gw apply via karir.com tuh jd secretary tapi kok ditawarin jd PR, jd curiga..
    Iseng2 browsing.. eh ktmu topik ini lg..
    Thanks buat yg udah ksh info di sini ya.. jd kita tau perush. mn aja yg bakal nipu kita. Org susah2 cari kerja, kok malah mo dikerjain.

    O ya ini data perush. yg katanya termasuk perush. tepu2.. ada 33 sejauh ini.
    liat aja linknya d sini >> http://himti.org/community/viewtopic.php?f=20&t=2583&start=10&st=0&sk=t&sd=a

    1. PT.MAXGAIN
    2. PT.EGA GRoup
    3. PT.HARJAYA GROUP
    4. NOMURA INTERNUSA
    5. PT.GRAHA FINESA BERJANGKA ( GFB )
    6. PT.APPCO DIRRECT
    7. PT.GRANTON ADVERTISING
    8. PT.SOLID GOLD BERJANGKA
    9. PT.TRIJAYA PRATAMA
    10. PT.INTER PAN PASIFIK
    11. PT.TRIPAR MULTIVISION
    12. PT.MJ NETWORK
    13. mandiri group di plaza benhill
    14. PT kasaba di arthaloka plaza
    15. MAHETZA GROUP di wisma bumiputera lt. 18
    16. mitra utama global
    17. ged.IDX
    18. PT GALAXINDO MANDIRI MITRA UTAMA (PT GMMU) GROUP
    19. PT. CIPTA SARANA di Pondok Kelapa Jakarta Timur.
    20. PT GAMA TEX/ GATMA TEXTILINDO
    21. PT GMPK Karya/Petnostara Gasindo atau PT GMP Karya Group/ PT Gama Prima Karya
    22. PT GATMA HOTEL
    23. PT BAHTERA OKTA MANDIRI
    24. PT Harjaya Group
    25. BATAVIA FUTURES
    26. HARUM DANA BERJANGKA
    27. PT VALBURY
    28. FORTUNE CHANNEL
    29. MAXCO FUTURES
    30. DEA U TRADE
    31. PT. Ekspresindo Global Artha Jl. Gatot Subroto gedung Patrajasa Lt. 1 kav. 32-34
    32. PT PLATINUM BERJAMGKA
    33. PT Ekspressindo Global Artha

    Beware & Be careful, guys..
    Wish you all the best..

  6. deddy Says:

    Beberapa waktu yang lalu saya mempercayakan sejumlah uang saya untuk di investasikan dalam bentuk VALAS dan portfolio saham di Valbury Dengan iming – iming keuntungan dalam waktu yang cepat.
    Yang saya dapatkan ternyata tidak sesuai dugaan, ternyata itu semua hanya akal – akalan saja. Dan setelah saya selidiki ternyata semua orang yang bekerja disana adalah lulusan SMU atau sederajat dan mereka semua tidak memiliki ijin yang resmi dari instansi terkait.
    Jadi saya menyarankan agar anda yang berinvestasi di tempat tersebut untuk segera menarik dana anda sebelum terlambat. Cukup saya yang jadi korban jangan sampai ada korban lebih lanjut lagi. Nama salesnya BUDI MULYANA ( NO HP 0856-8102XXX ) orang ini sangat licik dan tak segan-segan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya.
    Hermawan Kartajaya
    Jl. Rungkut Asri Utara XII / 23
    Surabaya

  7. rony Says:

    emm menanggapi ulasan dari saudara deddy.saya hanya mau memnghimbau…
    klu setahu saya PT valbury tidak penah melakukan tindak penipuan seperti yg saudara katakan…
    atau mungkin ada orang yg mengatasnamakan PT Valbury tetapi sebenarnya tidak..

    PT Valbury perusahaan margin trading yg lama di Indonesia
    dan setahu saya tepatnya saya yg bekerja di PT Valbury di Surabaya tidak pernah menyuruh seseorang untuk langsung invest klu tidak di jelaskan dulu cara mainnya

    klu saudara bilang PT Valbury tidak memiliki ijin resmi anda salah besar…
    berarti anda orang yg sok tahu..
    padahal katanya anda pernah ikut training..??
    pada saat training pun pasti sudah di jelaskan klu PT Valbury sudah terdaftar di BAPEPTI..
    semua keuangan nasabah diawasi oleh badan pemerintah..

    tolong jgn menjelek2an sebuah nama perusahaan yg anda sendiri lum tahu tentang sebuah perusahaan itu sendiri
    atau mungkin anda kecewa karena tidak bisa invest atau tdk di terima sebagai supervisor

    • io Says:

      Setuju masbro udah jelas2 pas training di jelasin… ko bisa ngomongnya kayak gitu yah, ga takut dituntu balik apa yah orang2 yang soteu hmmm…

      • HS Says:

        Tuntut aja.. menjelekan nama valbury. saya kerja di Valbury udah 8 tahun. gak ada tuh penipuan.. itu cuma omongan orang sirik dan gak jelas aja..

  8. Banu Says:

    Buat Deddy wah hati-hati tuch mas ma ucapan ente bisa2 disomasi loh hehehehehe.
    Sebenernya dilihat2 sih Valbury udah ada jaminan hukumnya kan,nah yang nipu teh bukan Valbury-nya mungkin tapi financial Consultant-nya mungkin,makanya cari FC-nya yang bener atuh jangan asal comot ajah.
    Cuman sekedar saran ya hati-hati klo bicara disini forum publik loh bukan perorangan jadi jangan keliatan bodoh aja dimata orang lain.

    • Dimas Wibisana Says:

      emang begok tu anak,,,, 😀 tak liat2 kok banyak yang jelek2in perusahaan yang bergerak dibidang derivatif market,,, sebenere mreka tu ngerti apa NGGAK seh ????

  9. nove Says:

    iya gue dulu pernah dipanggil ma pt kaseba di arthaloka..gokil tuh perusahaan bilang mau mempekerjakan tapi harus bayar dulu 270rb..bego bgt seh tuh perusahaan..

    cari kerja yang halal jangan nipu orang yang lagi butuh kerja…!!

    buat para pelamar yang dipanggil dari pt itu jangan didatengin sia2 cuma2….

  10. Lie2 Says:

    wah mas dedy kok gt ngomongnya,,,,,,,,jangan sampai anda dinilai bodoh oleh orang lain khan malu………….
    mas PT.Valbury itu pny ijin loh dan terdaftar di bapepti dan itu perusahaan lama, coba dech cek di webnya jgn asal OD( omong Doank), saya rasa kalo uang yg di inv habis itu bukan ditipu tp segala macam inv ada resikonya yaitu resiko kalah, hidup penuh dn resiko wong tidur aja bisa mati, kerja aja bisa rugi ato bangkrut,,,,,,,,,,,
    jgn2 pas training boring yach dlm ruangan n tertidur dech hehehe……..
    kalo anda tidak bisa merubah cara berpikir anda terhadap segala sesuatu saya jamin anda tidak akan jadi apa2….
    so positif thinking aja ok

    • Baharuddin Says:

      masih ada juga yang membela Valbury mungkin Lokernya kali.
      sy sdh korbannya 100 jt hanya 1 bulan lenyap.
      malas ceritanya.
      Hati – hati sajalah yang namanya investasi.
      Valbury memang lengkap izinnya terdaptar di Bappebti tapi buktinya orang orangnya yang tak beres.

  11. cj Says:

    buat banu
    eh jing kalo mau cari simpati bukan gitu caranya yg ada orang malah makin eneq ama lo
    ntar kalo ada apa2 LO yg pertama mati duluan

  12. cj Says:

    buat banu
    kalo lo mau jadi pahlawan sono gih lawan MALAYSIA DI AMBALAT
    GW RASA SIH LO GA BERANI SEBAB LO ITU CUMA BANCI WK WK WK LOL

  13. hakim Says:

    harus berhati-hatilah sama investasi…saya sudah 3 kali di tawari yang semacam itu. saya cermati dulu janji-janji sorga itu. dan bener ga masuk akal… saya ga ikut dan bener semuanya penipuan!

  14. iday syarif hidayat Says:

    aslm,,mas hakim punya info tentang smart v??emang penipuan gitu??

  15. commentator Says:

    Smartv itu penipuan,cuman belum bangkrut aja perusahaannya,tapi lebih baik hati-hati.Di kalsel juga ada penipuan yang terbesar bahkan skala nasional oleh orang yang bernama ustad Lihan dengan perusahaan PT.TRI ABADI MANDIRI,sekarang ini usaha dia sudah bangkrut dan Lihan melarikan diri (katanya ke jakarta).Sebentar lagi bisa masuk headline berita nasional,kita tunggu aja.Untuk lebih lengkap pembahasan dan diskusi,bisa di lihat di

    http://maskun.blogdetik.com/2009/11/15/ada-apa-dengan-ustadz-lihan/

    atau

    http://www.inicinta.com/ustad-lihan-ustadz-pun-bisa-jadi-pengusaha-brilian.html

  16. Wiwit Says:

    Apakah ini Ustad Lihan sang Pengusaha yg dermawan itu..?

  17. jenius Says:

    SMART-V BAGUS SAYA RASA AKAN TERUS BERKEMBANG, KARENA PERHITUNGANNYA MASUK AKAL….KALO YG BELUM PAHAM DAN CUMA LIHAT DARI LUAR MUNGKIN KELIHATAN MUSTAHIL, TAPI KALO SUDAH TAHU PERHITUNGANNYA PASTI SANGAT MASUK AKAL….GA PERCAYA..?? SILAHKAN KIRIM EMAIL KE: tabungan911@gmail.com, SERTAKAN NO.HP ANDA DALAM PERTANYAAN ANDA. (JIKA BENAR2 BERMINAT BERGABUNG)

  18. tomy kamala Says:

    saya sudah cek ke temen yang ikut smart-v memang bisa sukses tapi prosentasi sukses kecil.dia sudah punya down line 2 ratusan member tapi downline yang sukses cuma 5 orang kategori sukses yaitu vip member. tetap aja multi level itu kerjanya cari member sebanyak banyaknya engga gampang lho apalagi bayarnya sampai juta jutaan.kalo mo coba smarttv silahkan aja…

  19. okeview Says:

    Pada dasarnya semua itu perlu proses, yang berniat ingin berinvestasi atau sejenisnya ya silahkan saja, tetapi perlu diingat semua itu ada resikonya masing2 saya sarankan anda sudah siap dengan resiko terburuk terhadap investasi yang ada ikuti bukan hanya mimpinya saja yang anda banggakan, tetapi bersikaplah bijaksana terhadap uang anda yang didapat dengan susah payah. Mudah-mudahan investasi yang diikuti tidak terjadi seperti swisscash (luar negeri) atau ekomit (dalam negeri bahkan punya ijin resmi dan legal) hilang lenyap tidak ada beritanya sampe sekarang, terima kasih. Salam sukses selalu buat anda semua

  20. Anonymous Says:

    kalian tuh semua pada banyak omong yang gak tau apa2,mendingan kalian belajar apa itu dunia trading barulah anda bisa banyak bicara…jangan jadi orang bodong yang gak ngerti sok ngerti

  21. bay Says:

    bagaimana dng pt interpan pasifik,apa bisa di percaya?

  22. A Weiss Says:

    Yang namanya future itu tujuannya buat hedging, bukan buat mencari uang. Itu yang menyebabkan produk derivatif legal. Tapi pada prakteknya diselewengkan menjadi ajang spekulasi. Jadi jangan berlindung pada alasan dapat ijin Bappepti dll.

    Kenapa banyak orang yang tertipu ? Karena bujuk rayu marketing index, yang bahkan kadang sampai ke urusan ranjang.

  23. io Says:

    Hati2 masbro yang ngomong PT. Valbury Asia Futures penipu, saya bekerja di Valbury dan selama ini tidak ada klien yang merasa tertipu, dan valbury sudah ada lisensi untuk perusahaan penyedia investasi/perdagangan berjangka ini. Toh pihak Valbury tidak pernah memaksa kepada orng yang tidak punya modal untuk margin – in dan untuk membuka margin in ini butuh proses masbro ga ngasal prosesnya.

    coba deh dipikir lagi, masa sih Valbury kalo misalnya terbukti penipu kenapa ga ditutup aja pas taun 2000??? Trus punya cabang di London, Singapore.

    Kalo misal ente2 yang pada belom ngerti dunia begini mending diem aja udah netral,kalo mau sekalian belajar aja tentang trading jadi biar ngomongnya ga ngasal! Hati2 dituntut balik sama valbury mau ngomong apa lu?…

  24. oday Says:

    betul! saya setuju dengan semua.. assalamualaikum..

  25. Andrew Says:

    Valbury Future itu jangan disamakan dengan Valbury Securities ! Produk yang ditawarkan lain sama sekali, prosedur2 juga lain. Sebenarnya yang dilalukan Valbury Futures, dan perusahaan sejenis, bukan menipu karena secara hukum mereka benar. Yang mereka lakukan adalah memanfaatkan ketidak tahuan calon nasabah akan liku2 perdagangan future.

    Instrument future diperlukan dalam dunia usaha, sebagai alat PERLINDUNGAN TERHADAP FLUKTUASI KURS ataqu HEDGING. Instrument ini bukan untuk spekulasi. Yang dilakukan Valbury Futures dan sejenisnya adalah SPEKULASI, bukan HEDGING. Valbury Futures akan tetap untung kalau nasabah bangkrut, karena mereka akan dapat komisi biarpun nasabah bangkrut.

  26. Doddy Says:

    valbury future surabaya ? tukang mabuk semua isinya. kalo ada acara semua mabuk dari bos singapur sampai pegawe rendahan. pegawe baru yang gak suka minum dikondisikan supaya suka minum dan dugem. mungkin supaya terbiasa dengan dunia itu, jadi kalo ada client mau ajak dugem sudah siap. kasian yang cewe baik2 kalo masuk kesitu

  27. hasta Says:

    to Doddy : loe ngomong gitu pasti gara ditolak ama cewek valbury …. tp pantes lah kan loe pengangguran stress yg ga punya kerjaan dan cuma bisa jelek jelekin orang …. gue aja yg pernah invest disana dan kalah ga segitunya banget bro …. karena gue sadar dan siap dengan segala resikonya biar gue bisa belajar dari kegagalan …. dan sekarang gue sukses traiding on line sendiri tanpa dikendalikan broker …… makannya brow banyak bergaul, belajar dan beribadah biar otak loe gak konlslet wkwkwk

  28. hasta Says:

    For all : yang penting ketika kita akan berinvestasi kita musti perhatikan dng jeli reputasi dan kualitas dari perusahaan itu sendiri …. jika ingin berinvestasi pada oerusahaan traiding saran saya carilah perusahaan traiding yg berkualitas dan terpecaya dan FC yg berkualitas , tdk hanya berbicara soal untungnya semata tapi dalam investasi ini bisa jadi berbalik rugi besar .. dan kita harus siap dengan resiko itu … mau untung besar ya harus siap juga jika rugi besar ….. karena itu kita jg ga semata mata menyerahkan semuanya pada FC tp kita sendiri sebagai investor jg harus mampu untuk belajar menganalisa market pasar agar tidak salah ambil posisi ….. dari pengalaman inilah saya pribadi terus belajar mencari informasi dan akhirnya saya sukses mendapatkan pemasukkan dari traiding yg cukup lumayan …

  29. HS Says:

    Setuju dengan hasta. yang penting kita punya cukup ilmu dan pengetahuan sebelum terjun di pasar modal. saya dulu pun pernah rugi ratusan juta karena belum ada teknik yang cukup untuk menganalisa. sekarang setiap bulan saya dapat pemasukkan dari trading. Trading for Living.
    NB : saya sudah kerja di Valbury 8 tahun. dan gak ada yg namanya penipuan seperti yg disampaikan oleh orang2 yang tidak bisa dipertanggung jawabkan omongannya.

  30. dew Says:

    Sy suka baca ulasan analisa fundamental n teknikal valbury…..mnt saya ulasannya oke, sangat sistematis…ada rekomendasi buy ato sell, SL n TP…..beberapa kali profit… dan pernah denger dr teman katanya running mt4 valbury bs kasi jaminan g ada freez.

    @Hasta: make sistem apa biar konsisten profit?? Bagi tips dong…. 🙂 unique_kurr@yahoo.com

  31. reza Says:

    gan klo pt. global artha futures berupa penipuan juga ga sech… mohon infonya y gan soalnya w baru aja d tlp sm tuh perusahaan. thx.

  32. miwcom Says:

    Kalo mau untung besar . Lu jd basabah gua , sebelum stor lu temui menteri keuangan dan menteri perdagangan bappeti ojk penyelenggara spa jakarta futures exchange kliring berjangka bkdi jajaran direksi valbury untuk tanyakan dana lu aman atau gak di valbury asia futures? Kalo lu udah yakin dana lu aman , lu hubungi gua di bbow3770@gmail.com atau sms ke no 082374599948 untuk gua jadi financial consultan lu atau broker futures lu dan akun login segala tentang akun lu pegang. Lu harus deposit min 7 Milyar rupiah dan 70 Miliar rupiah , max 200 Miliar rupiah

  33. miwcom Says:

    Temui dulu sana seluruh yang mau lu tanyain, setelah sudah lu tanyai dan yakin. Hubungi gua , jangan yg laen.

    Lu mau untung gede gua ajari analisa emas multilateral dan spa. Terus lu harus trading lot min 1000 lot sebulan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: